Gubernur Pastika Pimpin Upacara Parade HUT TNI ke-70

5 Oktober 2015, 15:55 WIB

tumpeng%2B2

Kabarnusa.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika memimpin puncak Peringatan Ke 70 Hari TNI tahun 2015 yang digelar Kodam IX/Udayana khususnya di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar Senin (5/10/2015)

Peringatan hari ulang tahun ini, dapat dijadikan sebagai sarana pembinaan jiwa korps serta me-numbuhkan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap satuan tempat berkarya.

Rangkaian kegiatan HUT Ke-70 TNI sudah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Bhakti Sosial, Anjangsana ke Panti Asuhan, Penanaman Pohon Bakau, Nonton Bareng Film Penghianatan G 30 S PKI, Operasi Mata Katarak Gratis, Donor Darah.

Selain itu, ada pasar murah, Ziarah Ke TMP Pancaka Tirta, Gerak Jalan Santai, Doa Bersama dan di Puncak acara digelar Upacara Parade yang dilanjutkan Demontrasi Yong Moodo.

Pergelaran Fragmen Tari Kolosal tentang perjuangan Jenderal Sudirman ,Syukuran Pemotongan Tumpeng, Defile serta Hiburan berupa Panggung Prajurit.

Pada acara parade Gubernur Bali Made Mangku Pastika membacakan amanat Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi  menyampaikan menapaki usia yang ke-70 tahun, TNI bisa menggunakan momentum untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Sudah sangat sesuai dengan tema  HUT TNI ke 70,  yaitu “Bersama Rakyat  TNI Kuat, Hebat,

Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Selanjutnya Presiden mengingatkan bahwa Sejarah mencatat TNI dilahirkan dari “rahim” rakyat.

Panglima Besar Jenderal Soedirman menyatakan, hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air.

Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI Tegas Bapak Presiden dalam Amanat tertulisnya yang dibacakan Gubernur Bali.

Selanjutnya syukuran Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya yang dibacakan Irdam IX/Udayana Kolonel Kav Wawan Ruswandi menyampaikan peringatan Ke-70 Hari TNI ini, merupakan perwujudan rasa syukur seluruh keluarga besar Kodam IX/ Udayana.

Kata dia, keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari peran, dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh lapisan masyarakat serta rintisan dan pembinaan satuan yang telah dilakukan oleh para sesepuh dan pendahulu kita.

“Atas nama keluarga besar TNI maupun pribadi juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh lapisan masyarakat atas bantuan dan kerjasamanya selama ini, sehingga sampai saat ini situasi dan kondisi wilayah Bali dan Nusa Tenggara tetap damai dan kondusif.

Hadir pada acara Puncak Peringatan Ke 70 Hari TNI tahun 2015 diantaranya Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Danrem 163/WSA Kolonel Inf Nyoman Cantiasa, (gek)

Artikel Lainnya

Terkini