Petugas TNBB Bakar Kayu Curian dan Buang Sepeda ke Laut

24 November 2015, 09:21 WIB

Sepeda%2Bgayung%2B2

Kabarnusa.com – Barang bukti hasil sitaan dan temuan terkait aksi perambahan hutan dimusnakan oleh petugas Taman Nasional Bali Barat (TNBB) seperti kayu hutan dan sejumlah sepeda gayung yang merupakan sitaan kawasan hutan TNBB dimusnahkan.

Semua barang bukti terkait kejahatan perambahan hutan itu terhadi dalam kurun waktu 2011 – 2014. Setidaknya TNBB telah mengamankan 5, 58 M3 kayu hutan sitaan, 9 unit sepeda motor serta 30 unit sepeda gayung milik para pengawen setempat yang langsung dimusnahkan oleh petugas.

Pemusnahan barang bukti tersebut disaksikan oleh Pengadilan Negeri Negara, Kejaksaan Negeri Negara, Polres Jembrana dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Sebanyak 5, 58 M3 kayu-kayu berbagai jenis yang didapat saat patroli hutan dan temuan lainnya langsung dibakar petugas.

Sedangkan 30 unit sepeda gayung yang digunakan untuk melakukan tindak pidana kehutanan di buang ke laut.

“Pemusnahan ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan No.04/Menhut-II/2010 tentang pengurusan barang bukti Tindak Pidana Kehutanan,” terang Kepala TNBB, Tedi Sutedi Senin (23 November 2015.

Selain memusnahkan kayu-kayu hutan dan sepeda gayung milih pelaku perambahan hutan, pihaknya juga mengamabkan 9 unit sepeda motor milik perambah hutan.

Ketua Panitia Pemusnahan Barang Bukti TNBB, I Ketut Widiantara mengatakan para Pengawen yang kedapatan beraksi di tengah hutan ini sebelumnya langsung tunggang langgang ketika melihat kedatangan petugas.

Kebanyakan kayu curian mereka ditinggalkan begitu saja di dalam kawasan hutan TNBB beserta sepeda gayungnya.

Padahal, pihaknya belum sempat menginterogasi tujuan kegiatan mereka di dalam hutan. Begitu pula saat sepeda motor maupun sepeda gayungnya ditahan petugas. Tak ada satupun pemiliknya yang berani mengambil ke kantor TNBB.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini