Sikap Pemuda Bali di Hari Kesaktian Pancasila

2 Oktober 2015, 18:39 WIB

pemuda%2Bbali%2Bpancasila

Kabarnusa.com – Para pemuda dari berbagai organisasi sosial kemasyarakatan menyampaikan sikap kesetiaan terhadap dasar negara Pancasila dan UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika pada acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila,

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan menghadiri acara pernyataan sikap para pemuda Bali yang tergabung dalam berbagai elemen organisasi kemasyarakatan Kamis (1/10) di Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar.

Saat ini nilai-nilai kebangsaan sudah semakin memudar atau terkikis di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara yang diakibatkan oleh gempuran gelombang modernisasi serta globalisasi.

Karenanya, semua pihak harus lebih waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk kegiatan yang dapat merongrong keutuhan dan kedaulatan Negara Kasatuan Republik Indonesia.

Hal inilah yang mendorong Pemuda di Bali menyatakan sikap dengan tema “Pancasila Adalah Kita”, sebagai generasi muda penerus bangsa untuk menyatukan sikap dan tekad dalam menguatkan kembali jati diri bangsa yang sudah mulai luntur.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso dalam sambutan dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan  menyatakan pentingnya, reaktualisasi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945.

Juga, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi bagian dari solusi guna menyatupadukan kekuatan elemen bangsa dalam mewujudkan kejayaan bangsa di masa yang akan datang.

Pangdam berharap, melalui pernyataan sikap ini diharapkan masyarakat luas semakin mengetahui dan menyadari arti penting dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Semua itu dalam upaya membangun bangsa yang kuat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan pendeklarasian pernyataan sikap ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme seluruh elemen bangsa dalam melanjutkan pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai,” harapnya.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengapresiasi gagasan para Pemuda.

” Jadikan kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, tapi implementasikan  dan amalkan dalam perbuatan untuk membangun bangsa, karena generasi muda adalah generasi penerus negara ini,” harapnya. (gek)

Artikel Lainnya

Terkini