Tim SAR Sisir Lokasi Tenggelamnya KMP Rafelia 2

7 Maret 2016, 06:29 WIB

IMG 20160304 WA0005

Kabarnusa.com – Tim SAR Gabungan melakukan operasi pencarian dengan menyisir darat, laut dan udara di sekitar lokasi tenggelamnya Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Rafelia 2 di Selat Bali pada Minggu 6 Maret 2016.

Informasi dihimpun, pada pencarian itu, Tim SAR dibagi dalam tiga kelompok. Pertama tim penyelam bertugas khusus mencari korban untuk kepentingan kemanusiaan.

Kelompok kedua, mencari penyebab kapal tersebut tenggelam pengecekan lambung kapal sesuai kepentingan KNKT.

Dan kelompok ketiga, berutugas memasang patok bambu, untuk mengetahui kapal tersebut bergeser atau tidak dari lokasi kearah kabel bawah laut sesuai petunjuk menteri ESDM.

Diketahui, lokasi terakhir tenggelamnya kapal KMP Refalia 2 di selat Bali berada sekira 300 meter dari pantai belakang Hotel Banyuwangi Beach Ketapang, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi.

Operasi pencarian dilakukan sejak pukul Pukul 07.00 WIB oleh SAR Gabungan terdiri dari Basarnas, SAR Marinir, SAR Polairud, SAR Brimob, Kodim 0825, Lanal Banyuwangi, Polres Banyuwangi, BPBD Banyuwangi.

Direktur Operasional BAsarnas Brigjen TNI (Mar) Ivan Ahmad Riskia memimpin langsung operasi pencarian itu, menuju ke lokasi tenggelamnya KMP Rafelia 2.

Kegiatan tim SAR Gabungan di lokasi tenggelamnya KMP Rafelia 2 pada Jumat 4 Febaruari 2015,  menggunakan 2 Helikopter,2 Kapal SAR, 2 Kapal Sahbandar, 2 Kapal Lanal Banyuwangi, perahu karet, kapal boat.

Saat memberikan arahan, Brigjen Ivan menegaskan, sesuai manives penumpang KMP Rafelia 2 dinyatakan lengkap berjumlah 81 orang.

Karenanya, Basarnas akan melaksanakan rapat evaluasi di ASDP Untuk kegiatan pencarian ditutup dinyatakan selesai sehingga kekuatan akan dikurangi.

“Pencarian korban selanjutnya, dilakukan SAR lokal dari wilayah Jember dan BPBD Banyuwangi,” imbuh sumber di kepolisian. (dar)

Artikel Lainnya

Terkini