Tim “Yoong Moo Do” Kodam Udayana Siap Berlaga di Kasad Cup

8 Desember 2015, 20:50 WIB

yong%2Bmodo%2B2

Kabarnusa.com – Kontingen Bela Diri Militer  (Yong Moo Do ) Kodam IX/Udayana bertolak ke Surabaya, Jawa Timur guna mengikuti Kasad Cup ke-5 tahun 2015.

Tim Bela Diri Militer itu dilepas Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Hadi Kusnan mewakili Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI M Setyo Sularso di Hall Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (8/12/2015).

Diketahui, di Indonesia Bela Diri Yong Moo Do belum sepopuler Bela Diri lainnya seperti Taekwondo. Meskipun sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Yong Moo Do masuk ke Indonesia pada  tahun 2002 dan menjadi beladiri wajib di  lingkungan TNI Angkatan Darat sejak 2008.

Seni Bela Diri Yong Moo Do ini menghandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat dengan menggunakan  tangan kosong dan sangat menjunjung tinggi sportifitas serta memiliki jiwa patriotism yang tinggi.

Yong Moo Do mulai dikenal  masyarakat umum dengan berdirinya Federasi Yong Moo Do Indonesia (FYI).

Kemudian disosialisasikan kepada masyarakat umum di tahun 2012 dalam kegiatan roadshow ke sejumlah kota besar di Indonesia dengan memperagakan sejumlah jurus yang dilakukan oleh atlet Yong Moo Do penyandang gelar sabuk hitam.

Untuk kejuaraan Nasional Bela Diri Yong Moo Do ke-5  tahun 2015 (Kasad Cup) ini, diikuti 20 kontingen dari  seluruh Kodam dan Kotama jajaran TNI-AD serta Pengurus Daerah (Pengda) Yong Moo Do di seluruh Indonesia.

Tiap-tiap kontingen berjumlah 24 orang terdiri dari Official dan Pendukung 5 orang serta Atlet 19 orang (15 Pa dan 4 Pi). Dengan cabang pertandingan masing-masing Kelas perorangan Putra, Kelas perorangan Putri dan Kelas beregu Putra.

Kasdam menyampaikan selamat kepada seluruh prajurit yang mendapatkan kepercayaan untuk mewakili Kodam IX/Udayana dalam mengikuti kejuaraan BDM ( Yong Moo Do) Kasad Cup V TA 2015.

Terpilihnya seluruh anggota kontingen sebagai duta Kodam IX/ Udayana tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

“Kebanggaan tersebut hendaknya dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan tekad untuk melakukan serta mempersembahkan prestasi terbaik bagi Kodam IX/ Udayana,” ujar Kasdam mengutip amanat Pangdam.

Untuk itu, Pangdam berharap ini dijadikan kebanggaan sebagai sumber motivasi dan pembangkit semangat juang dalam setiap pertandingan yang akan diikuti.

Kejuaraan Bela Diri Militer ini merupakan momen yang sangat baik untuk mengangkat citra Kodam IX/Udayana dalam even yang berskala nasional maka diharapkan para peserta benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk meraih prestasi terbaik.

Mereka juga harus cepat beradaptasi dengan lingkungan setempat sisa waktu yang ada dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk berlatih agar kondisi tetap prima sehingga moril tetap terjaga dengan baik.

“Tidak timbul demam panggung ketika pertandingan berlangsung, serta selalu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar disetiap pertandingan selalu diberikan keberhasilan, ” tegas Kasdam dalam mengakhiri sambutan. (kto)

Artikel Lainnya

Terkini