TNI Ajak Pemuda Bali Nusra, Gabung Jadi Taruna Taruni Akmil

17 Maret 2016, 01:30 WIB

RELEASAE%2BTERIMA%2BAKMIL

Kabarnusa.com – Para pemuda lulusan SMA dan sederajat di wilayah Bali Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur berkesempatan mengikuti rekruitmen untuk Taruna Taruni Akademi Militer (Akmil) di Magelang Jawa Tengah.

K​apendam IX/Udayana, Letkol Inf Hotman Hutahaean,S.Sos, dalam siaran pers mengumumkan, bagi masyarakat di wilayah Kodam IX/Udayana (Bali, NTB dan NTT) yang berminat mengikuti pendidikan calon Taruna/Taruni Akmil TA. 2016 dipersilakan mendaftar.

“Kodam IX/Udayana memberikan kesempatan kepada Pemuda/Pemudi di Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang berminat mengikuti pendidikan  Taruna/Taruni Akademi Militer,” ujarnya Rabu 16 Maret 2016.

Pendaftaran pendidikan dibuka sejak tanggal 1 Maret sampai dengan 4 Mei 2016 dengan persyaratan antara lain; WNI pria dan wanita bukan prajurit/mantan prajurit TNI/Polri ataupun PNS TNI yang berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun.

Umur pelamar, sampai saat pembukaan pendidikan pertama pada tanggal 1 Agustus 2016, memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.

Selain itu, memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Ketentuan lain yang harus dipedomani memiliki ijazah SMA/MA Program IPA dengan ketentuan nilai NEM/UAN, lulusan Tahun 2011.

Lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada mata pelajaran dengan nilai di bawah 6 (gabungan nilai Ujian Nasional dan nilai Ujian Sekolah).

Kemudian, lulusan tahun 2012, lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata ( gabungan nilai ujian Nasional dan nilai Ujian Sekolah) minimal 7,25 dan tidak ada nilai 6 di dalam kolom nilai akhir.

Juga, lulusan  Tahun 2013, lulus Ujian  Nasional dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah) minimal 6,87, lulusan Tahun 2014.

Pendaftar harus lulus Ujian Akhir Nasional dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai Ujian Nasional dan nilai Ujian Sekolah) minimal 6,25, lulusan Tahun 2015.

Juga, lulus ujian akhir Nasional dengan nilai akhir rata-rata minimal 6,00 dan tidak ada nilai mata pelajaran di bawah 40,00  di dalam kolom,  nilai Ujian Nasional dan lulusan Tahun 2016 akan ditentukan kemudian.

Kapendam juga menambahkan, selama proses seleksi penerimaan ini tidak dipungut biaya apapun dan terbebas dari bau KKN.

Pendaftaran dibuka secara online di http://rekrutmen-tni.mil.id. serta keterangan lebih lengkap dapat diperoleh di Kantor Ajendam IX/Udayana. Jalan PB Sudirman, Denpasar, Telepon (0361) 228029 atau website www.ajendam-ix.mil.id). (kto)

Artikel Lainnya

Terkini