Alasan Kredivo Jadikan Bali Target Penetrasi Pasar

Bali dijadikan wilayah prioritas, Kredivo fokus perluas integrasi dengan merchant lokal guna memberikan kontribusi positif kepada pelaku usaha maupun perekonomian lokal

17 April 2024, 17:15 WIB

JakartaKredivo, perusahaan kredit digital terkemuka di Indonesia menjadikan Bali sebagai wilayah prioritas penetrasi pasar sejalan dengan kondisi ekonomi Bali yang terus bertumbuh.

Hal itu seiring dengan pulihnya pariwisata sebagai sektor pendukung utama. Strategi ini dilakukan dengan memperluas integrasi Kredivo dengan berbagai merchant lokal yang ada di Bali.

Prtumbuhan ekonomi Bali mencapai 5,71% pada 2023, melampaui angka pertumbuhan selama 2019 (sebelum pandemi) yang sebesar 5,60%. Selain itu, jumlah pengguna Kredivo di Bali pada 2023 juga meningkat 4 kali lipat sejak tahun 2020.

Besarnya potensi Paylater di pulau ini mendorong Kredivo untuk meningkatkan integrasi dengan merchant lokal yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di Bali

SVP Marketing and Communications Kredivo, Indina Andamari, mengungkapkan, pulihnya sektor pariwisata di Bali telah memberikan dampak positif terhadap ekonomi lokal.

“Kondisi ini juga telah menggerakkan pemulihan daya beli masyarakat,” kata Indina Andamari dalam rilis Rabu 17 April 2024.

Menurutnya hadirnya Paylater di tengah masyarakat diharapkan mampu memfasilitasi pemenuhan kebutuhan masyarakat di Bali

Kata dia, meningkatnya penetrasi merchant lokal Kredivo di Bali membuat optimisme dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal. Hal ini didukung juga oleh popularitas Paylater yang terus bertumbuh secara nasional, termasuk Bali.

Tercatat tahun 2023, Kredivo membukukan peningkatan dalam penggunaan Paylater secara offline di Bali, baik dari segi jumlah maupun nilai transaksi, yang keduanya meningkat hingga 2,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022

Terjadinya peningkatan transaksi ini terutama dipicu oleh meningkatnya popularitas Paylater sebagai metode pembayaran yang digunakan untuk berbagai kebutuhan masyarakat.

Terdapat 3 kategori produk dengan nilai transaksi offline Kredivo tertinggi di Bali, yakni elektronik, kecantikan dan kesehatan, serta fesyen.

Guna mendukung tingginya minat belanja offline menggunakan Paylater, Kredivo telah terintegrasi dengan berbagai merchant lokal terkemuka di Bali, seperti Diamond Handphone, Cellular World, Lima Waktu Group, Planet Gadget, Good Phone, Joy Phone dan banyak lainnya

Harapannya, integrasi ini dapat membantu merchant meningkatkan bisnis mereka, terutama dengan melihat data Kredivo yang menunjukkan bahwa rata-rata jumlah pembelian (average order value) di merchant yang telah terintegrasi dengan Kredivo naik lebih dari 2 kali lipat, dengan frekuensi transaksi pembelanjaan konsumen yang juga meningkat hingga 3 kali lipat.

“Ke depan, Kredivo juga akan terus mengintegrasikan layanannya dengan lebih banyak merchant lokal hingga akhir 2024,” sambung Indina Andamari.

Sebagai penyedia Paylater yang memiliki lisensi multifinance, Kredivo menyediakan metode pembayaran yang fleksibel dengan fasilitas cicilan hingga 24 bulan dengan bunga mulai dari 0% di berbagai merchant online maupun offline.

Kredivo juga menyediakan layanan top-up pulsa, paket data, pembayaran PLN prabayar, dan pembayaran tagihan lainnya. Melalui kerja sama dengan PT Kredifazz Digital Indonesia (KrediFazz), Kredivo juga menyediakan layanan pinjaman tunai tanpa agunan dengan suku bunga yang terjangkau.

Sejalan peningkatan penggunaan Paylater Kredivo di Bali, Kredivo telah aktif mengimplementasikan program edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan Paylater secara bijak.

Pada Februari lalu, Kredivo telah menyelenggarakan seminar edukasi “Generasi Djempolan” di Bali yang mengedukasi ratusan UMKM mengenai Paylater dan penggunaannya secara bijak.

Selain fokus pada edukasi, Kredivo juga terus menerapkan prinsip responsible lending, yaitu selektif dalam menyalurkan kredit kepada pengguna serta memberikan limit kredit secara proporsional sesuai dengan kemampuan membayar pengguna.

Kata Indiana, berbagai upaya yang telah kami lakukan ini, menegaskan komitmen Kredivo untuk tidak hanya memprioritaskan pertumbuhan bisnis, tetapi juga berperan aktif dalam menciptakan dampak positif dari penggunaan Paylater secara bijak bagi masyarakat Bali. ***

Artikel Lainnya

Terkini