Duh.. Banyak Siswa di Bali Pakai Tablet Saat UN

16 April 2015, 07:12 WIB
bupati%2Bartha%2Bpantau%2Bun
Suasana ujian nasional di sebuah sekolah (dok.Kabarnusa)

Kabarnusa.com – Pelaksanan ujian nasional di Bali belum berjalan sesuai harapan lantaran banyak siswa justru menggunakan alat komunikasi canggih seperti tabelt, ipad dan lainnya saat mengerjakan soal.

Temuan mengejutkan itu terungkap sebagaimana pantauan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali dalam ujian nasional di beberapa kota.

“Hasil pantauan kami ke seluruh sekolah di Kota Denpasar, banyak sisa menggunakan HP, tablet, IPad dan sejenisnya saat mengerjakan soal UN,” tegasnya dihubungi Kamis (16/4/2015).

Kemdati tidak bisa masuk ke ruangan namun dari balik jedela, pihaknya melihat beberapa siswa yang menggunakan HP, tablet atau IPad lainnya.

Peserta UN itu, sedang mengoperasikan barang elektronik tersebut saat UN berlangsung.

“Bahkan, HP atau tablet itu beredar dari tangan ke tangan dari para siswa yang sedang mengerjakan soal UN,” tukas alumnus Universitas Gdjah Mada itu.

Pemantauan dilakukan di 13 sekolah secara acak di Kota Denpasar. Dari 13 sekolah tersebut, masing-masing sekolah rata-rata menggunakan ruang ujian sebanyak 20 ruangan.

Kata dia, dari 20 ruangan tersebut, sebanyak 10 sampai 12 ruangan menggunakan HP atau tablet. Ini yang kami pantau.

“Kami menduga ruangan lainnya juga melakukan hal yang sama,” sambungnya.

Bukan tidak mungkin, dalam HP atau tablet itu ada bocoran soal ujian sehingga disebar ke siswa.

Ironisnya, atas praktek curang itu justru terjadi pembiaran. Pengawas ujian melihat aksi para siswa tersebut tidak ada upaya untuk menegur atau menyita barang yang diduga menyebarkan soal tersebut.

“Tim kami sempat menemui pengawas di sebuah sekolah untuk menyampaikan hal tersebut. jawabannya standar dan berkelit mereka tidak melihat hal tersebut,” sesalnya.

Pihaknya sudah berupaya mengkomunikasikan hal itu ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga namun saat ini belum bisa dilakukan karena masih sibuk dengan UN, (kto)

Artikel Lainnya

Terkini