Gantikan Marsdya Seolistyo, Marsekal Muda M. Syaugi Pimpin BASARNAS

8 Februari 2017, 06:20 WIB

IMG 20170207 WA0044

JAKARTA – Marsekal Muda TNI (Marsda) M. Syaugi dilantik menjadi Kepala Badan SAR Nasional menggantikan Marsekal Madya TNI (Marsdya) FHB Soelistyo, S.Sos. yang memasuki masa purna tugas.

Pelantikan dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya di Gedung Kementerian Perhubungan Rabu 8 Februari 2017. M. Syaugi dilantik menjadi Kabasarnas sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 18/TPA Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Serah terima jabatan (sertijab) Kepala Basarnas lama kepada Kepala Basarnas yang baru dilaksanakan Selasa (7/2/2017) di Ruang Serbaguna Gedung Basarnas. Sertijab dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Kepala BMKG, Ketua KNKT, Seluruh Kepala UPT di Lingkungan Basarnas, serta pejabat eselon I sampai IV di Basarnas.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan menyampaikan, kinerja Basarnas di bawah kepemimpinan Marsekal Madya FHB Soelistyo cukup bagus. Basarnas selalu cepat hadir dalam setiap musibah dan bencana untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan.

Menhub berharap, di bawah kepemimpinan yang baru, Basarnas akan mempertahankan kinerjanya yang sudah bagus. “Saya yakin Pak Syaugi akan dapat melanjutkan apa yang sudah dicapai oleh Pak Soelistyo dalam memimpin Basarnas,” ungkapnya.

Dalam acara pisah sambut Kepala Basarnas dengan seluruh pegawai, Masrdya FHB Soelistyo mengatakan dirinya menyadari bahwa jabatan dan pangkat hanya titipan dan sifatnya hanya sementara. Saat ini jabatan dan pangkat yang diembannya telah usai. Ia berpesan agar jangan melihat orang dari kekurangannya tetapi lihatlah kebaikan-kebaikannya dan hal-hal positif yang dilakukannya.

“Hal itu akan menghasilkan suasana kondusif termasuk dalam lingkungan pekerjaan,” ucapnya. Kepala Basarnas periode 2014-2017 tersebut yakin penggantinya Marsekal Muda Syaugi bisa meneruskan hal-hal positif yang sudah dilakukannya untuk Basarnas.

Sebagai catatan, selama kurang lebih tiga tahun menjabat sebagai Kepala Basarnas memang sudah banyak yang dilakukan oleh Marsdya FHB Soelistyo, diantaranya nama Basarnas semakin dikenal di dunia internasional.

Bahkan BASARNAS mendapat banyak penghargaan dari luar negeri atas keberhasilannya dalam bidang pencarian dan pertolongan. Ia juga tak pernah berhenti mengingatkan seluruh pegawai Basarnas untuk selalu bekerja dengan responsif, militan, dan santun.

Tiga kata itu yang selalu ia tanamkan kepada bawahannya. Selain itu, ia juga berpesan agar pegawai Basarnas selalu bekerja dengan ikhlas demi menolong sesama. Kata-katanya yang akan selalu diingat, “Baktikan dirimu dengan tulus dan ikhlas untuk menyelamatkan jiwa saudara-saudaramu, karena itu, berkah Tuhan akan datang kepada anak istrimu.”

Marsda M. Syaugi sebagai Kepala Basarnas yang baru mengatakan, Basarnas merupakan organisasi yang cukup besar dan begitu hebat. Ia berjanji bahwa apa yang sudah dikerjakan Marsdya FHB Soelistyo pasti akan ia lanjutkan. “Saya akan laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” tegasnya. (des)

Artikel Lainnya

Terkini