Gerakan Hidup Sehat, Denpasar Galakkan Konsumsi Sayur dan Jalan Kaki

20 Oktober 2017, 17:23 WIB
Foto%2B1%2BKN
Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali Dian Nardini sosialisasi Germas hidup sehat di Denpasar

DENPASAR – Dalam mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Denpasar terus menggalakkan konsumsi sayur dan buah-buahan hingga olah raga jalan kaki.

Langkah itu juga menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2017 terkait Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat. Hal itu ditegaskan kembali saat sosialisasi Germas Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali Dian Nardiani di Denpasar, Jumat (20/10).

Nardiani mengatakan, Germas suatu tindakan terencana bersama-sama seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Guna meningkatkan hidup sehat masyarakat harus bekerjasama dengan multisektor. Yang paling penting dilakukan Germas hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik, konsumsi gizi seimbang yang setiap harinya masyarakat harus mengkonsumsi buah dan sayur.

Langkah ini telah diterapkan dengan baik oleh Pemkota Denpasar dalam setiap sosialisasi program kesehatan yang mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

“Hari ini kami Dinas Kesehatan Kota Denpasar menyiapkan snack dengan menyajikan buah, ini sangat bagus dan harus diterapkan setiap harinya di seluruh OPD bahkan setiap kegiatan snack harus menyajikan buah-buahan,” katanya.

Germas hidup sehat bisa dilakukan dengan memeriksakan kesehatan secara berkala, serta melakukan pemberantasan jentik nyamuk.

Pemerintah daerah berperan mensukseskan Germas, menyediakan fasilitas aktifitas fisik, ruang terbuka publik kawasan bebas kendaraan (Car Free Day), jalur sepeda dan pejalan kaki yang nyaman.

Disamping itu menyelenggarakan kegiatan dengan pemanfaatan taman pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan buah, serta melaksanakan kebijakan kawasan tanpa rokok.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Denpasar Tri Indarti mengatakan, mensukseskan Germas seperti kegiatan fisik dilakukan melaksanakan olahraga senam, car free day, mengkonsumsi gizi seimbang dengan melakukan penyuluhan 10 pesan gizi seimbang dan seminar dalam rangka hari gizi.

Germas juga dilakukan Pemkot Denpasar dengan meningkatkan lingkungan sehat, lingkungan sekolah sehat, gerakan mandiri pemantau jentik. Bahkan Pemkot Denpasar telah mengeluarkan Perda No 7 tahun 2013 tentang kawasan tanpa rokok .

Tidak hanya itu Pemkot Denpasar juga menyediakan klinik merokok di setiap kecamatan. Bagi yang ingin berhenti merokok bisa konsultasi di klinik yang telah disediakan.

Sedangkan untuk menghilangkan stress Pemkot Denpasar melakukan kegiatan Tirta Yatra. Khusus untuk mengkonsumsi buah dan sayur Pemkot telah melaksanakan secara bertahap. (gek)

Artikel Lainnya

Terkini