Hari Ini, Warga Bali Pilih Enam Kepala Daerah

9 Desember 2015, 08:04 WIB

TPS%2B2

Kabarnusa.com – Warga yang memiliki hak pilih di enam kabupaten dan kota di Provinsi Bali menggunakan hak suara untuk memilih kepala daerah bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota yang digelar serentak hari ini, Rabu (9/12/2015).

Sejak pagi, warga berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan SUara (TPS) untuk menyuarakan pilihan politiknya kepada calon kepala daerah. Enam daerah yang mengggelar Pilkada Serentak yakni Kabupaten Badung, Jembara, Tabanan, Bangli, Karangasem dan Kota Denpasar.

Kaum perempuan dan pria khususnya yang beragama Hindu, mengenakan pakaian adat madya atau ringan, mendatangi ke TPS dalam suasana santai, dengan penjagaan sejumlah saksi, aparat keamanan desa Hansip dan petugas kepolisian.

Pemandangan banyaknya warga yang menggunakan hak pilih alias tidak golput, seperti terlihat di TPS 2 Banjar Pengalasan Desa sading Kecamatan Mengwi, Badung.

Bahkan, sejak pukul 06.30 Wita, warga sudah antre, menyerahkan surat dari KPSS untuk mencoblos. Pilkada Badung diiikuti dua pasangan calon, Nyoman Giri Prasta dan Ketut Suiasa pasangan nomor urut 1 dan duet Made Sudiana – Nyoman Sutrisno pasangan nomor urut 2.

Mereka rela mengantre hampir satu jam, menunggu kesiapan KPPS dalam mempersiapkan hal teknis hingga surat suara. Sekira pukul 07.30 Wita atau molor setengah jam, seharunsnya pukul 07.00 Wita, barulah pencoblosan dimulai.

Wayan Murdana (56) warga setempat menuturkan, dia datang bersama keluarga ke TPS ingin menyalurkan hak politiknya, dalam memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Badung, lima tahun mendatang.

Dia mengaku sudah memantapkan pilihan pada salah satu pasangan calon yang diyakini tepat memimpin kabupaten terkaya di Bali itu.

“Saya pilih calon, yang jelas memberi perhatian terhadap apa yang menjadi kebutuhan banjar dan daerah kami,” ujar dia.

Di antara ratusan warga yang mendatangi TPS, tampak ada pemilih manula yang berusia lanjut. Bahkan, pria berusia 80 tahun itu, meski berjalan tertatih-tatih, masih kuat sendirian menuju ke lokasi TPS, untuk menggunakan hak pilihnya.

“Asal kondisi sehat, tidak sakit, dia selalu rajin ke TPS saat Pemilu atau Pilkada,” imbuh Murdana.

Pantauan di beberapa lokasi di jalanan KOta Denpasar dan Badung, suasana arus lalu lintas nampak lengang. Banyak kantor atau toko-toko milik penduduk yang tutup, karena warga datang ke TPS serta terus memantau jalannya enam Pilkada Serentak di Pulau Seribu Pura. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini