Hari Juang Kartika, Tentara Tanam Ribuan Pohon Bakau

20 Desember 2015, 00:00 WIB

TNI%2Btanam%2Bbakau%2B19 12 2015%252C%252C

Kabarnusa.com – Memperingati Hari Juang Kartika yang jatuh pada 15 Desember, Kodim 1617 Jembrana menggelar berbagai macam kegiatan sosial. Salah satunya melakukan penanaman bakao di Desa Budeng, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (19/12/2015).

Sedikitnya ada 4000 pohon bakao ditanam di areal seluas 70 are. Kegiatan ini dikoordinir Pasi Ter Kodim Jembrana Kapten Inf Wayan Yudana  bersama 200 orang anggota TNI di Jembrana, Dinas Kelautan Perikanan dan Kehutanan Jembrana dan sejumlah warga setempat.

Kegiatan ini dengan tema “melalui hari juang Kartika kita mantapkan jati diri TNI -AD dan kemanunggalan TNI-Rakyat guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan berkepribadian.”

Mewakili Dandim 1617 Jembrana Kapten Inf Wayan Yudana mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan menanam pohon mangrove.

Tanaman bakau ini katanya juga bisa dimanfaatkan nantinya untuk membuat bahan kue, sirup, kosmetik dan tinta pembuatan batik juga untuk menahan dan mencegah abrasi, selain itu juga lingkungan menjadi asri.

Sebelumnya Dandim Jembrana Letkol Inf Sansan Iskandar dan pasukan juga melakukan penghijauan di pesisir Pantai Pekutatan.

Dandim mengatakan kerusakan hutan bakau di wilayah pesisir Jembrana diakibatkan pencemaran di perairan yang disebabkan limbah yang mengakibatkan berkurangnya oksigen dan udara sehingga mengganggu respirasi akar pohon bakau.

Sedangkan limbah padat seperti limbah rumah tangga bisa menutupi akar-akar tanaman sehingga mengakibatkan kematian pohon bakau.

Kerusakan yang mengakibatkan matinya pohon bakau harus dicegah sehingga perlu dilakukan rehabilitasi pohon bakau baik dari berbagai elemen masyarakat.

Diharapkan rehabilitasi dan pengelolaan pohon bakau disepanjang pesisir pantai di Jembrana memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan Jembrana hijau.

Juga melestarikan keanekaragaman hayati sehingga selain berpotensi menjadi daerah resapan air juga jadi objek wisata lingkungan yang menarik.

Diharapkan juga Jembrana memiliki pantai sebagai kawasan green belt mangrove area sebagai areal perlindungan pantai dan meningkatkan keseimbangan lingkungan di wilayah pantai selatan.

Pihaknya juga berharap penanaman pohon bakau  bisa mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat dan instansi pemerintahan dan dengan penanaman bakau diharapkan juga bisa menjaga alam dari kerusakan lingkungan serta abrasi, sehingga kelestarian ekosistem alam bisa terjaga.

Selain Nuansa Hijau, Kodim 1617/Jembrana bekerja sama PMI memberikan Nuansa merah dengan menggelar donor darah yang dilaksanakan Jumat (18/12) lalu di Makodim Jembrana jalan Ngurah Rai Jembrana.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini