Karangasem Dilengkapi Peringatan Dini Online Erupsi Gunung Agung

21 Oktober 2017, 10:32 WIB
warning
Launching peringatan dini online erupsi Gunung Agung Karangasem

DENPASAR – Pemasangan peringatan dini online (early warning sistem) dalam rangka penanggulangan bencana Gunung Agung dipasang di Gedung UKM, Kabupaten Karangasem, Bali.

Launching dilakukan Asops Kapolri Irjen. Pol. Drs. Mochamad Iriawan, didampingi Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Kepala PVMBG dan Kepala BNPB, Jumat (20/10/2017).

Asops Irjen. Iriawan mengatakan, pemasangan peringatan dini online merupakan gagasan Polri untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat erupsi Gunung Agung. Selain itu, hal ini merupakan salah satu terobosan kreatif untuk mendukung program Kapolri yaitu Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya).

“Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, masyarakat harus mendownload melalui smartphone. Kemudian melakukan registrasi dengan mengisi identitas lengkap,” katanya.

Terakhir, masyarakat harus melakukan konfirmasi sehingga bisa memperoleh informasi berupa bunyi alarm menjelang terjadinya erupsi Gunung Agung.

Apabila ada tanda-tanda erupsi akan disampaikan secara teknologi, sehingga bisa didengar oleh seluruh masyarakat di kawasan rawan bencana untuk mempercepat proses evakuasi.

“Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, tidak ada korban jiwa pada saat berlangsungnya erupsi Gunung Agung,” sambung mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Dampak dari status awas Gunung Agung berpengaruh pada kunjungan wisatawan ke Bali. Akibatnya perekonomian masyarakat Bali terjadi penurunan. “Mudah-mudahan status Gunung Agung cepat menurun dan aktivitas masyarakat serta pariwisata bisa kembali meningkat,” harapnya.(gek)

Artikel Lainnya

Terkini