Kekuatan Baru, Godok 15 Nama untuk Pemilukada Jembrana

6 April 2015, 00:05 WIB
Negara 20150405 03584
Kekuatan baru itu terdiri dari enam partai politik, masing-masing
Hanura, PAN, PKB, Nasdem, PPP dan PKPI yang terhimpun dalam Forum
Komunikasi Antar Partai Politik (Forkap).

Kabarnusa.com – Kekuatan politik baru lahir menyongsong Pemilukada Jembrana Desember 2015 dengan mengantongi 15 nama untuk digodog menjadi calon Bupati dan calon Bupati Jembrana.

Kekuatan baru itu terdiri dari enam partai politik, masing-masing Hanura, PAN, PKB, Nasdem, PPP dan PKPI yang terhimpun dalam Forum Komunikasi Antar Partai Politik (Forkap).

Bahkan, tidak lama lagi kekuatannya akan bertambah karena Partai Golkar Jembrana telah menyatakan sikap akan bergabung dalam waktu dekat.

Forkap mulai mengatur siasat untuk menjaring sejumlah bakal calon. Meskipun belum masuk dalam tahap penjaringan, namun Forkap sudah  mengantongi

15 nama yang akan dinventarisir sebagai figur yang cocok sebagai bakal calon.

Hal itu dterungkap dalam pertemuan terkait penandatanganan kesepakatan gabungan enam parpol yang terhimpun dan membentuk Forkap, Minggu (5/4/2015) siang di Jembrana.

Koordinator Forkap, I Made Andika Suteja yang juga ketua Hanura Jembrana  mengatakan, pertemuan ini merupakan kelanjutan dan penandatangan kesepakatan enam parpol.

Selain itu, Forkap juga mengundang salah satu figur, yang nantinya dapat menjadi bakal calon Bupati Jembrana maupun Wakil Bupati Jembrana .

“Kita juga undang beberapa tokoh masyarakat yang kita anggap layak menjadi calon bupati dan wakil bupati untuk menyampaikan visi dan misinya bagi Jembrana,” ujar Andika.

Meskipun Forkap sampai kini belum melakukan tahap perjaringan, namun sudah mengantongi 15 nama yang nantinya bisa diajak berproses atau digodok sebagai bakal calon.

Dari 15 nama yang disebut-sebut itu, termasuk diantaranya dari unsur incumbent, tokoh parpol, independen dan juga dari akademisi.

Salah satu tokoh masyarakat yang diundang yakni H. Faturrahim dan salah satu dari partai politik Partai Golkar, Wayan Suardika, yang kini masih aktif duduk di Fraksi Golkar DPRD Jembrana.

Andika menambahkan, forum ini tak hanya membicarakan siapa bakal calonnya nanti, tetapi bagaiamana membuat Jembrana lebih baik.

Bahkan menurutnya, tak hanya enam parpol saja yang bergabung, Forkap menurutnya membuka peluang juga kepada partai politik lainnya termasuk Partai Golkar dan parpol lainnya.

H. Faturrahim mengatakan bahwa dirinya hanya diundang untuk ikut membicarakan tentang Jembrana ke depan. Namun jika dirinya dipercaya menjadi calon oleh Forkap, dia menyatakan kesiapannya.

Sementara itu Ketua Harian Partai Golkar Jembrana Wayan Suardika juga mengaku hanya diundang secara pribadi dalam pertemuan Forkap.

Namun dia menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan Forkap, semata-mata untuk memajukan Jembrana.

“Dalam waktu dekat kami dari partai Golkar Jembrana akan bergabung dengan Forkap. Kami akan bicarakan terlebih dulu diinternal partai kami,” pungkas Suardika.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini