Lagi, Panwaslih Jembrana Temukan 93 Pemilih Ganda

16 Oktober 2015, 03:00 WIB

ilustrasi%2Bpilkada

Kabarnusa.com – Setelah sebelumnya ditemukan hampir 600 pemilih ganda, kini setelah DPT ditetapkan oleh KPUD Jembrana pada 1 Oktober lalu, Panwaslih Jembrana kembali menemukan pemilih ganda sebanyak 93 orang.

Dari lima kecamatan yang ada di Jembrana, jumlah temuan pemilih ganda terbanyak ditemukan di Kecamatan Melaya sebanyak 43 pemilih ganda.

Disusul Kecamatan Negara dengan 22 pemilih ganda. Kecamatan Jembrana dengan 12 pemilih ganda. Kecamatan Mendoyo 10 pemilih ganda dan Kecamatan Pekutatan dengan 6 pemilih ganda.

Bahkan Panwaslih Jembrana juga menemukan adanya satu orang pemilih yang tercatat di lebih dari satu TPS.

Panwaslih juga mengantensi kemungkinan penyalahgunaan surat suara memilih bagi pemilih yang telah meninggal dunia dan pindah tempat tinggal sebelum mencoblos pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Terkait temuan tersebut kami sudah berkordinasi dengan KPUD Jenbrana untuk tindak lanjutnya,” terang Ketua Panwaslih Jembrana Pande Made Ady Muliawan, Kamis (15/10) sore.

Sementara itu Ketua KPUD Jembrana I Gusti Ngurah Agus Dharmasanjaya mengaku hanya bisa menandai pemilih ganda yang menjadi temuan Panwaslih.

Hal ini dilakukan lantaran KPU telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT). Dan DPT yang telah ditetapkan tidak boleh dirubah.

Menurutnya pada tanggal 1 oktober 2015 lalu KPUD Jembrana telah menetapkan jumlah DPT Pilkada Jembrana sebanyak 225.386 pemilih.

Sementara itu dari 51 desa dan kelurahan yang ada di Jembrana  terdapat 413 TPS.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini