Ledakan di Pabrik Tahu Hebohkan Warga Tabanan

29 Oktober 2015, 14:09 WIB

ledakan%2Bpabrik%2Btahu

Kabarnusa.com –  Suara ledakkan keras di  pabrik tahu milik Matt Ali (73) di Banjar Tegal Belodan, Desa Dauh Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan – Bali, Kamis (29/10/2015) pagi sekitar pukul 09.30 membuat warga sekitar  heboh dan berhamburan ke luar rumah.

Akibat ledakan tersebut, genteng dan sebagian bangunan pabrik tahu tersebut rusak. Selain itu, Matt Ali dan karyawannya juga mengalami luka-luka di dahi dan kepala akibat terkena serpihan bangunan dan genteng pabrik. 

Informasi di lapangan, korban Matt Ali  bersama karyawannya pagi itu seperti biasanya bekerja membuat tahu dan sari kedelai tahu di emper rumahnya yang difungsikan sebagai “pabrik” tahu.

Tanpa diduga, satu drum  yang berisi air panas di antara tumpukan dua buah drum yang digunakan untuk pengolahan sari kedelai tahu, tiba-tiba meledak.

Ahmad (30) karyawan pabrik tahu yang  saat itu berada paling dekat dengan drum yang meledak mengalami luka bakar.  Kulit di sekujur tubuhnya melepuh dan terkelupas cukup parah karena terkena air panas dari dalam drum.

Sementara  Matt Ali dan karyawannya yang satu lagi, Yulianto (23) mengalami luka-luka di bagian dahi dan kepala karena terkena sepihan genteng dan bangunan.

Kapolsek Tabanan Kompol Ida Bagus Putra seijin Kapolres Tabanan, dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya sudah melakukan olah TKP dan mendengarkan keterangan sejumlah saksi untuk penyelidikan lebih lanjut.

Berdasarkan olah TKP dan keterangan saksi, dugaan sementara drum meledak  karena air di dalam drum  sudah lama mendidih akibat pemanasan  dari tungku.

“Sementara saluran udara pada drum pembuatan sari kedelai tahu tersebut  tersumbat, sehingga tekanan uap air meledakkan dinding drum,” terangnya.

Akibat ledakkan drum tersebut, kerugian material diperkirakan sekitar Rp 25 juta. Sedangkan korban jiwa nihil.

Sementara korban yang mengalami luka bakar cukup parah, sudah dibawa ke rumah sakit Darma Kerti untuk perawatan lebih lanjut. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini