Lomba UPPN Ikan Hias, Pokdakan Tabanan Masuk Tiga Besar Nasional

25 Oktober 2015, 11:39 WIB

LOmba%2BIkan%2BHias

Kabarnusa.com  – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Darma Nadi di Desa Buruan, Kecamatan Penebel, Tabanan – Bali kembali diverifikasi oleh tim lomba Unit Penanganan Pengolahan Hasil Perikanan Nonkinsumsi (UPPN) Skala Mikro 2015 Kategori Ikan Hias Tingkat Nasional.

Sebelumnya,  Pokdakan Darma Nadi juga telah diverifikasi  tim UPPN Nasional pada 8 Oktober 2015 lalu setelah lolos lima besar besar di tingkat nasional dalam kategori UPPN Skala Mikro Kategori Ikan hias.

Ketua Tim Verifikasi Hadi Susanto dari Direktorat Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Kelautan mengemukakan, verifikasi kedua ini merupakan tindaklanjut dari verifikasi pertama untuk menentukan lima nominasi.

“Verifikasi ini dilakukan setelah finalisasi lomba oleh tim nasional untuk menentukan tiga besar di tingkat nasional,” jelasnya Minggu (25/10/2015).

Ketua Pokdakan Darma Nadi Nyoman Darma Susila dalam pemaparannya mengemukakan, pembenihan dan pembesaran ikan koi merupakan salah satu dari kegiatan usaha Pokdakan Darma Nadi.

“Khusus untuk pembenihan dan pembesaran ikan kami namakan Buruan Koi Farm yang berdiri sejak 18 Januari 2010,” paparnya.

Jenis ikan koi yang dikembangkan Buruan Koi Farm ada 10 varietas, yakni varietas Kohaku, sanke, Showa, Hariwake, Yamabuki Ogon, ogon platinum, Shiro Beko, Shiro utsuri, Asagi dan Tancho.

Diantaranya verietas yang  paling populer dan laris adalah varietas kohaku,” paparnya.

Ditambahkan, aneka varietas ikan koi tersebut, indukannya berasal dari Mamotaro dan Sakai Jepang.

“Pemasarannya cukup lancar. Selain di pasar ikan hias juga menyasar vila dan hotel yang ada di Bali,” katanya sambil menambahkan untuk pemasaran pihaknya bekerja sama dengan kios pengecer ikan hias dan Bali Koi Club.

Sedangkan untuk pembesaran, pihaknya bekerjasama dengan Pokdakan yang ada di Tabanan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan Made Subagia di sela-sela verifikasi menyebutkan, dalam Lomba UPPN Skala Mikro, dua kelompok duta Tabanan masuk di tingkat nasional untuk ketegori ikan hias dan kategori kekerangan.

Disebutkan, Poklahsar Bali Kerang di Desa Kukuh, Kecamatan Marga masuk lima besar tingkat besar di tingkat nasional dalam lomba UPPN kategori kekerangan.

 “Sedangkan Pokdakan Darma Nadi yang diverfikasi saat ini,  masuk ke dalam tiga besar,” tegasnya. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini