Pangdam Udayana Datangi Pos Pantau Gunung Api di Rendang

29 Juni 2018, 22:53 WIB

IMG 20180629 WA0029

KARANGASEM– Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto,S.I.P, mengunjungi Pusat Vulkanologi Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Dusun Baler Pasar, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Jumat (29/6/2018).

Kedatangan Panglima guna meninjau dan memastikan perkembangan serta kondisi terkini aktivitas Gunung Agung terkait dengan penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai sejak Kamis malam.

Kepada Panglima, Kepala Pos Pantau Kecamatan Rendang Dewa Mertayasa menyampaikan sejak Kamis malam aktivitas Gunung Agung ada peningkatan namun masih dalam batas normal.

Dikatakan, selama  erupsi, angin dominan mengarah ke barat daya sehingga memungkinkan bisa mengganggu penerbangan, namun sampai pagi ini aktivitas erupsi Gunung Agung sudah mulai menurun.

Pangdam Benny menyampaikan pada hari ini Bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup karena sesuai dengan pengamatan seismograf angin cenderung bertiup ke barat daya.

“Kondisi ini bisa mengganggu penerbangan,” katanya menegaskan.

Selain itu, ada informasi tadi malam ada sedikit pengungsi itu wajar saja karena ada kekhawatiran tapi pagi ini semua warga pengungsi sudah kembali kerumah masing- masing.

“Kami TNI protapnya terus berjalan kami tetap siap untuk mengantisipasi perkembangan aktivitas Gunung Agung,” tegas Panglima kepada di lokasi.

Para pejabat mendampingi Danrem 163/Wira Satya, Kolonel Arh Albertus Magnus Suharyadi, S.I.P., M.Si, Asops Kasdam lX/Udayana Kolonel Inf Yana Baktiar, Waaster Kasdam IX/Udayana Letkol Inf Budi Prasetyo, Kasmin Letkol Inf I Gusti Ngurah Wilantara, Kalak BPBD Bali Dewa Putu Mantra .dan Forkopimcam Rendang. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini