Pasca Musibah Wisatawan Tenggelam, Tanah Lot Gelar Upacara

14 April 2015, 19:18 WIB
lokasi%2Bkorban%2Bjatuh
Upacara Mecaru Manca Sanak @2015

TABANAN – Pasca ditemukannya wisatawan yang menjadi korban tenggelam 1 April lalu, manajemen obyek wisata Tanah Lot, akan menggelar upacara mecaru manca sanak, untuk kembali menyucikan kawasan Pura Tanah Lot dan Batu Bolong, Rabu (15/4/2015)

Manajer DTW Tanah Lot, I Ketut Toyo Adnyana mengemukakan hal itu saat menggelar jumpa pers, Selasa (14/4/2015). “Pihak manajemen telah berkoordinasi dengan pihak pengempon pura akan melakukan upacara penyucian pura di kawasan Tanah Lot,” terangnya.

Menurut Toya Adnyana, upacara pecaruan manca sanak dipimpin mangku Gede Pura Tanah lot. “Dana yang dihabiskan sekitar Rp 30 juta yang akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak manajemen,” jelasnya. Terkait musibah korban tenggelam, tambah Toya Adnyana, pihaknya juga sudah memberikan uang duka kepada keluarga korban sejumlah Rp 5 juta.

“Karyawan Tanah Lot iuran secara spontanitas mengumpulkan uang duka untuk keluarga korban,” katanya. Selain itu, pihak asuransi jiwa Proteksindo yang bekerjasama dengan manajemen Tanah Lot  juga sudah menyerahkan uang santunan kepada keluarga korban sejumlah Rp 15 juta.

“Semua pengunjung di Tanah Lot sudah tercover asuransi jiwa,” ujarnya. Sementara terkait tingkat kunjungan wisatawan ke Tanah Lot sejak 1 Januari 2015 sampai Senin (13/4) lalu tercatat sejumlah 823.905 orang. Mengalami peningkatan sekitar 2 persen dibanding periode yang sama tahun 2014 lalu. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini