Penyuluh Perikanan Duta Tabanan Raih Juara Teladan Nasional

16 November 2015, 19:30 WIB
teladan
Agus Nandi Udayana (kanan), Penjabat Bupati Tabanan (tengah) dan Kepala Bapeluh Tabanan (kiri)

Kabarnusa.com – Agus Nandi Udayana (51) Penyuluh Perikanan yang menjadi Duta Tabanan dan Bali, dalam lomba Penyuluh Perikanan Teladan berhasil meraih juara II Tingkat Nasional 2015.

Terkait prestasi tersebut, Penjabat Bupati Tabanan Wayan Sugiada memberikan apresiasinya karena telah bekerja keras sehingga memberikan hasil yang membanggakan dan bermanfaat bagi masyarakat Bali khususnya di Kabupaten Tabanan.

“Saya sangat bangga atas prestasi yang telah diraih oleh salah satu penyuluh kita, selain mampu membawa nama baik Tabanan, hal ini bisa menjadi motivasi bagi yang lainnya,” kata Sugiada saat menerima Agus Nandi dan Kepala Bapeluh Tabanan Nyoman Sunarta di ruang kerjanya, Senin (16/11/2015) 

Sugiada berharap, prestasi ini juga bisa diraih penyuluh lainnya serta masyarakat, tidak hanya di bidang perikanan, namun di bidang perkebunan, pertanian, ataupun bidang lainnya “Dengan diraihnya prestasi membanggakan ini saya harap agar bisa memeotivasi penyuluh lainnya,” harapnya.

Kepala Bapeluh Nyoman Sunarta mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Pemkab Tabanan. Sunarta juga menyatakan rasa bangganya, karena prestasi ini merupakan pertama kalinya bagi Tabanan berhasil meraih juara II Penyuluh Perikanan teladan di Tingkat nasional.

“Terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemkab, kami akui untuk sampai sejauh ini bukan sesuatu yang mudah. Para penyuluh perikanan kami sangat bekerja keras, untuk tahun ini pertama kalinya Tabanan berhasil menjadi juara di Tingkat Nasional,” ujarnya

Sementara itu, Agus Nandi menyatakan rasa syukurnya karena prestasi yang diraihnya tersebut merupakan prestasi pertama yang diraih penyuluh perikanan di Bali sejak terbentuknya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 1999 lalu.

“Proses penilaian cukup panjang, karena mulai dari seleksi Kabupaten, Provinsi hingga akhirnya ke Tingkat Nasional,” terangnya.

Agus Nandi menjelaskan mengenai mekanisme penilaian yang dilakukan Tim pemilai Penyuluh Perikanan Teladan tingkat nasional dari Kementrian Kelautan Perikanan.  Tim datang dan melakukan uji petik terhadap dirinya sebagai Duta Kabupaten Tabanan.

Uji petik dilakukan setelah tim penilai melakukan assemen di Jakarta pada bulan Agustus lalu. Dari 29 Penyuluh perikanan yang dinilai dirinya termasuk satu dari tujuh penyuluh yang tersaring. Selain melakukan uji petik dan wawancara tim juga melakukan kunjungan ke lapangan.

“Tim melakukan uji petik mencocokkan portofolio yang dibuat saat assesmen dengan kondisi riel di lapangan,” pungkasnya. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini