Pilkada Jembrana, Paket Abang Dipertahankan

14 April 2015, 00:00 WIB

abang

Kabarnusa.com – Hingga saat ini Pilkada Jembrana, Bali terkait pencalonan ternyata masih adem ayem. Sejumlah partai politik dan sejumlah tokoh di Jembrana masih mengintip bakal calon yang akan diusung PDIP, dengan dalih tidak gegabah.

PDIP Jembrana belum mengikralkan siapa yang bakal diusung dalam Pilkada Desember 2015 mendatang. Apakah Putu Artha atau Made Kembaang Hartawan sebagai calon bupati, bahkan tetap mempertahankan paket Artha-Kembang (Abang) yang saat ini masih memimpin Jembrana.

Akhir pekan lalu Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, mengatakan terkait persiapan Pilkada DPC PDI Perjuangan Jembrana saat ini masih merancang sejumlah tahapan.

Tahapan penjaringan akan dilakukan seusai Kongres PDI P. Tetapi menurutnya saat ini tahapan itu belum dilakukan karena masih tahap survei. Berikut nama-nama kader yang dinilai partai potensial untuk dijadikan bakal calon bupati- wakil bupati belum dikantongi.

Paska-Kongres PDI Perjuangan akhir pekan lalu muncul pernyataan dari Ketua Bappilu DPC PDI Jembrana, I Ketut Sugiasa. Kepada wartawan, Senin (13/4/2015) siang mengatakan, saat ini tahapan persiapan di tubuh PDI Perjuangan masih tahapan survei.

Terkait siapa nama yang masuk dalam survei, menurut Sugiasa incumben paket Abang (I Putu Artha-Made Kembang Hartawan) masih sangat tinggi. Pihaknya telah memetakan kekuatan di setiap kecamatan, dan dari survey memang responnya tetap pada paket Abang.

“Paket ini sangat layak untuk dilanjutkan melihat survei di setiap kecamatan. Prediksi saya selaku Bappilu, keduanya bagus. Entah yang lain, siapa yang diunggulkan. Tetapi dari pandangan politik kami pasangan ini layak dipertahankan,” ujar Sugiasa.

Lantas apakah ada nama lain baik kader maupun non-kader yang muncul dari hasil survei menurutnya ada tetapi tetap saja kedua nama kader itu yang paling unggul.

Di sisi lain, sejumlah partai diluar PDI Perjuangan juga masih melakukan survei. Partai Gerindra juga masih melakukan survei. Pengurus Gerindra Jembrana, I Ketut Sadwi Darmawan mengatakan masih tahap survei.

Terkait koalisi, menurutnya sesuai amanat DPP, Gerindra terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun di daerah.

“Artinya memberikan keleluasaan, bisa dengan Golkar, Demokrat atau bahkan dengan PDI P,” terangnya. 

Sementara Partai Demokrat Jembrana juga masih meraba bakal calon yang akan diusung dalam Pilkada 2015.  Sekretaris DPC Demokrat Jembrana, I Ketut Catur mengatakan juga masih melakukan survei.

Sejumlah nama kader yang potensial diusung diantaranya I Nengah Tamba, Made Mudarta dan Wayan Wardhana.  Selain itu nama diluar kader yang menurutnya muncul adalah mantan Bupati Jembrana, I Gede Winasa

Di sisi lain, tahapan Pilkada 2015 kabupaten Jembrana akan dimulai pada pertengahan April ini. Selain persiapan dari KPU, struktur anggota Panwaslu juga sudah terpilih dan rencananya Selasa (14/4/2015) ini dilakukan pelantikan.

PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu legislatif di Jembrana memiliki peluang mengusung calon sendiri. Sedangkan partai yang lain, dengan jumlah suara yang diperoleh harus berkoalisi.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini