Pilkada Serentak di Tabanan Eka Jaya Menang

9 Desember 2015, 20:59 WIB
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Komang Gede Sanjaya

Kabarnusa.com – Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tabanan nomor urut satu, Ni Putu Eka Wiryastuti dan Komang Gede Sanjaya (Eka Jaya) menang atas paslon nomor urut dua Wayan Sarjana dan Ida Bagus Komang Astawa Merta (Jana Amerta) pada pilkada serentak di Kabupaten Tabanan, Bali, Rabu (9/12/2015).

Berdasarkan data perolehan suara sementara yang dikumpulkan Kabarnusa.com dari berbagai sumber terpercaya, paslon Eka Jaya menang di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan. Di Kecamatan Baturiti yang merupakan daerah asal Cabup Eka Wiryastuti dan Wayan Sarjana, pasangan Eka Jaya sementara memperoleh hasil 15.983 suara. Sedangkan Jana Amerta memperoleh 11.821 suara.

Sedangkan di Kecamatan Tabanan yang merupakan daerah asal Cawabup Komang Gede Sanjaya dan Ida Bagus Komang Astawa, Eka Jaya membukukan 29.752 suara dan Jana Amerta 12.552 suara.

Di Kecamatan Kediri yang diprediksi paslon Jana Amerta bisa mengungguli Eka Jaya karena isu Patung Wisnu Murthi, juga ternyata meleset. Eka Jaya ternyata memperoleh 24.968 suara unggul dari Jana Amerta yang memperoleh 20.347 suara.

Dari data perolehan suara sementara yang ada, paslon Eka Jaya menang telak di Kecamatan Tabanan, Pupuan, Selemadeg, Selemadeg Timur, Kerambitan dan Marga. Sementara di Kecamatan Selemadeg Barat, Baturiti, Penebel dan Kediri kemenangan Eka Jaya relatif tipis berkisar 10 – 15 persen saja.

Berdasarkan data sementara sampai jam 20.00, paslon Eka Jaya memperoleh 169.946 suara atau sekitar 64,25 persen. Sementara paslon Jana Amerta memperoleh 94.423 suara atau sekitar 35,7 persen.

Bahkan sebelumnya, berdasarkan data perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan oleh DPC PDIP Tabanan,  paslon Eka Jaya memperoleh suara 67,01 persen, sedangkan Jana Amerta memperoleh suara 32,99 persen.

Perolehan suara Eka Jaya yang sekitar 60 persen tersebut, sesuai dengan prediksi yang dikemukakan oleh Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama yang juga ayah kandung Eka Wiryastuti.

“Saya optimis Eka Jaya menang dengan perolehan suara sekitar 60 persen,” katanya saat ditemui di rumahnya seuasi melakukan pemungutan suara di TPS 7 Banjar Tegeh, Desa Angsri, Kecamatan Baturiti, Rabu (9/12/2015) pagi. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini