Siswa Tabanan Gerak Jalan Meriahkan HUT Puputan Margarana

4 November 2015, 17:00 WIB

Kabarnusa.com-Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Puputan Margarana yang jatuh pada tanggal 20 Nopember mendatang, 86 regu yang terdiri dari 54 regu tingkat SMP dan 32 regu tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan, Bali, mengikuti lomba gerak jalan, Rabu (4/11/2015) pagi.

Gerak jalan tersebut mengambil start di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kecamatan Marga dan Finish di TMP Pancaka Tirta, Kecamatan Tabanan bagi regu putra. Sedangkan regu putri finish di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik, Tabanan.

Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada saat melepas gerak jalan mengatakan melalui gerak jalan siswa diharapkan dapat menumbuhkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani sehingga mampu untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.

“Generasi muda merupakan pewaris nilai-nilai luhur bangsa, serta penerus cita-cita perjuangan bangsa. Untuk dapat mewujudkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani yang nantinya  dapat mewujudkan budaya “Ayo Kerja” dan salah satunya melalui gerak jalan ini,” ujarnya.

Sugiada juga berpesan kepada para siswa bahwa untuk meraih kesuksesan diperlukan kesungguhan serta sikap disiplin yang tinggi. “Rasa pengabdian dan kesungguhan serta disiplin yang tinggi merupakan modal terbesar untuk meraih kesuksesan,” tegasnya

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, I Putu Santika dalam laporannya mengatakan kegiatan gerak jalan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. “Kegiatan ini merupakan wadah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mendahului kita untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Santika juga melaporkan, peserta lomba gerak jalan siswa terdiri dari 86 regu. Tingkat SMP Putra sebanyak 24 regu, dan putri 30 dengan total 54 regu. Sementara tingkat SMA sebanyak 32 regu, yang terdiri dari putra sebanyak 16 regu dan putri 16 regu.

Pihaknya berharap kegiatan ini selain untuk mewujudkan generasi muda yang sehat baik jasmani maupun rohani, juga sebagai salah satu wadah untuk mengenang kembali jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan melalui perang Puputan Margarana.

“ Kami harap sosok pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan melalui perang Puputan Margarana, bisa menjadi inspirasi bagi gemerasi muda kita dalam mengisi pembangunan,” tandasnya. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini