Tabanan Masuk Kabupaten Tersehat di Indonesia

7 April 2015, 05:30 WIB
ibu4
“Keberhasilan yang diraih Kabupaten Tabanan masuk empat besar kabupaten
tersehat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa masyarakat Tabanan
sudah sadar tentang arti hidup sehat,” kata Bupati Eka

Kabarnusa.com – Berdasarkan hasil laporan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI 2014, tentang Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM), Kabupaten Tabanan menduduki peringkat empat dalam daftar Kabupaten/Kota tersehat di Indonesia tahun 2014.  Prestasi ini sangat membanggakan, karena penilaian dilakukan terhadap total 497 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Terkait prestasi tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan rasa syukurnya.

“Keberhasilan yang diraih Kabupaten Tabanan masuk empat besar kabupaten tersehat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa masyarakat Tabanan sudah sadar tentang arti hidup sehat,” katanya, Senin (6/4/2015).

Menurut Bupati Wiyastuti,  kebersihan lingkungan dan kesadaran warga untuk menerapkan pola hidup sehat perlu dipertahankan bahkan terus ditingkatkan.

“Keberhasilan Kabupaten Tabanan tidak terlepas dari kesadaran warga bagaimana menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Bupati menambahkan, komitmen Pemkab Tabanan untuk menuntaskan masalah kanker serviks di Tabanan juga memiliki andil besar atas raihan prestasi ini.

“Selain lingkungan yang sehat, masyarakat kita juga harus sehat. Mudah-mudahan komitmen kita untuk menuntaskan kanker serviks tahun 2020 bisa terealisasi karena penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu bagi kaum perempuan,”imbuhnya.

Bupati Wiryastuti  juga berharap penghargaan ini bisa dijadikan cambuk bagi seluruh komponen masyarakat Tabanan untuk lebih mengutamakan kebersihan, karena kebersihan pangkal kesehatan. ” Sehat itu mahal, jadi biasakan hidup bersih agar kesehatan kita tetap terjaga,” ujarnya.

Dtemui secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan dr. Nyoman Suratmika, menjelaskan penilaian IPKM berdasarkan 30 indikator kesehatan yang terbagi atas tujuh kelompok indikator penilaian.

Indikator itu meliputi Kesehatan Balita, Kesehatan Reproduksi, Pelayanan Kesehatan, Perilaku Kesehatan, Penyakit Tidak Menular, Penyakit Menular dan Kesehatan Lingkungan.

Kemudian untuk bobot, indikator dibagi lagi menjadi empat unsur yakni,  besar dan luas masalah yang ada di masyarakat, dampak terhadap status kesehatan, kecepatan penanganan dan masalah kesehatan yang tidak bisa diselesaikan.

“Lingkungan yang sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan warganya, demikian pula dengan traveller yang datang ke Tabanan akan menjadi lebih nyaman,” ungkapnya.

Adapun posisi lima besar Kabupaten tersehat di Indonesia diantaranya posisi pertama diraih oleh Kabupaten Gianyar, kemudian disusul Kota Denpasar, Kediri, Tabanan dan Pekanbaru. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini