Upacara ‘Pecaruan’ Digelar di Lokasi Kuburan Massal Eks PKI

1 November 2015, 16:17 WIB

upacara%2Bpecaruan

Kabarnusa.com – Setelah dilaksanakan prosesi pengabenan terhadap sembilan jasat ekas anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikubur massal di jalan desa Banjar Adat Mesean, Desa Pakraman Batuagung, Jembrana, Bali tahun 1966, akhirnya dilaksanakan upacara pecaruan.

”Kami melaksanakan upacara pecaruan Nyatur Desa Nawa Gempang Mance Kelud. Untuk membersihkan desa dari leteh atau cuntaka (kotor),” terang Jero Mangku Ida Bagus Putu Suarma, Minggu (1/11/2015)..

Dipuput Ida Peranda Gede Ray dari Grya Anom Batuagung ‘Pecaruan’ menurut Jero Mangku, dimulai pukul 11.00 wita dan diperkirakan akan selesai menjelang sore hari.

Usai prosesi pecaruan di lokasi penguburan massal, dilaksanakan pengubaktian oleh krama adat (warga) dan pihak keluarga jenazah. Selanjutnya dilaksanakan prosesi Ngelebar Caru keliling desa setempat.

“Setelah Ngelebar caru, kami laksanakan prosesi Ngelebok atau membuang caru ke segara (laut). Nanti Ngeleboknya di pantai Yehkuning,” ujarnya.

Usai membuang caru ke laut, krama adat (warga) kembali ke lokasi penguburan massal untuk melaksanakan upacara meprayasita (pembersihan).

Dilanjutkan dengan upacara Metelah-telah serta terakhir upacara Ngayab Kayangan Tiga.

Prosesi upacara pecaruan tersebut juga dihadiri unsur Muspida Kabupaten Jembrana dan mendapat pengamanan dari aparat Polsek Kota Negara.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini