Didanai Rp313 T, Pemerintah Targetkan Jalan Tol 1000 Km

13 Desember 2015, 17:40 WIB
Presiden Joko Widodo (foto:Setpres)

Kabarnusa.com – Pemerintah menargetkan dalam lima tahun mendatang akan dibangun jalan tol sepanjang 1000 kilometer (km) di seluruh Indonesia dengan dukungan anggaran yang telah disiapkan mencapai Rp313 Triliun lebih.

Presiden Joko Widodo menyebutkan, jalan tol yang dibangun sejak merdeka hingga sekarang hanya 800 km.

“Lima tahun ke depan, pemerintah minimal akan membangun 1000 km,” tegas Presiden Jokowi  saat memberikan berbicara Kongres ke-20 Persatuan Insinyur Indonesia (PII) – 2015, di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Sabtu (12/12/2015).

Bukti keseriusannya itu, bahkan, Jokowi menegaskan dirinya tidak ragu turun langsung ke lapangan melakukan pengecekan.

Dia menyebut, beberapa ruas jalan tol yang dibangun telah rampung pembebasan lahannya

“Nggak usah ragu ragu, ini untuk kepentingan umum,” katanya menegaskan.

Dengan melakukan pengecekan langsung setiap tiga bulan, Jokowi meyakini, para menteri terkait pasti akan mengecek setiap bulan.

Tentunya jajaran di bawahnya akan lebih sering lagi. “Saya sampaikan ke menteri-menteri, jangan rapat tiga kali lebih, baru memutuskan. Saya tidak mau rapat bertele-tele,” ungkap Kepala Negara dilansir laman Setkab.go.id.

Presiden memiliki persyaratan jika akan melakukan groundbreaking pembangunan infrastruktur, seperti jalur kereta, harus telah dibangun minimal 7 km.

“Dapat rel 7 km saya datang. Nanti kalau Pak Aburizal Bakrie tidak percaya, itu gambarnya ada,” ucap Presiden Jokowi sambil menunjuk gambar dirinya berjalan di atas rel kereta.

Aburizal Bakrie yang hadir di acara tersebut selaku mantan Ketua Umum PII bersama para peserta kongres lainnya, kontan terbahak dengan gaya santai penuh canda maupun cara Presiden meyakinkan gagasannya itu. (ari)

Artikel Lainnya

Terkini