Duh..Ujian Pemantapan, Ada Siswa Raih Nilai 0,50

4 April 2015, 03:30 WIB
url
ilustrasi

Kabarnusa.com – Mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika masih menjadi momok siswa bahkan dalam Nilai Ujian Pemantapan (N-UP) Provinsi tahun ajaran 2014/2015 di Kabupaten Jembrana, Bali beberapa siswa mendapat N-UP 0,50.

Kabid Dikmen pada Dinas Dikporaparbud Jembrana Dewa Putu Wardana Astawa mengakui dua mata pelajaran yang kerap menjadi momok sejumlah siswa, Bahasa Indonesia dan Matematika masih jauh dari harapan.

Pasalnya ada beberapa siswa pada dua mata pelajaran itu mendapat N-UP, 1,60 dan 0,50 pada mata pelajaran matematika.

Ia mengatakan nilai rata-rata tingkat kabupaten untuk mata pelajaran matematika pada Program Bahasa tingkat SMA/MA dengan peserta UP 174 orang siswa memiliki nilai rata-rata 2,80.

“Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 5,58,” sebutnya.

Sedangkan program IPA dengan 864 orang peserta, nilai rata-rata Bahasa Indobesia 5,88 dan matematika 3,77. Pada program IPS dengan 682 peserta, Bahasa Indonesia 4,96 dan matematika 2,43.

Untuk Tingkat SMK dengan jumlah peserta 1.398 nilai rata-rata pada mata peljaran Bahasa Indonesia 5,26 dan matematika 2,68.

Pihaknya berharap agar sekolah segera malakukan pengayaan dan pemantapan materi sebagai evaluasi menjelang Ujian Nadional (UN) yang akan datang.

“UN memang tidak menentukan kelulusan, tapi hasil N-UP itu terkait dengan mutu sekolah” ujar Dewa, Kamis (2/4/2015).

Pihaknya berharap keikutsertaan orang tua siswa dalam pendidikan, tidak menyerahkan sepenuhnya pada sekolah.

“Sekomplit apapun fasilitas di sekolah, tidak akan memiliki arti jika niat dan minat siswa untuk belajar berkurang,” kata dia.

Artinya apa, selain sekolah, orang tua juga memiliki kewajiban dan tanggungjawab dalam mendorong anaknya untuk belajar” pungkasnya.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini