Gandeng Warga, Babinsa TNI Bersihkan Sampah Pantai Yeh Gangga

23 Januari 2014, 22:53 WIB
Kaarya+bhakti+TNI+Tabanan
Aksi bersih-bersih jajaran TNI, pemerintahan dan warga di Pantai Yeh Gangga Tabanan (Foto:Kabarnusa)

Kabarnusa.com, Tabanan – Dimotori Bintara Pembina Desa (Babinsa), jajaran Kodim 1619/ Tabanan menggandeng seluruh komponen masyarakat dan pemerintahan dalam membersihkan Pantai Yeh Gangga di Desa Sudimara yang sejak satu bulan terakhir diserbu sampah kiriman.

Aksi bersih-bersih pantai dipimpin langsung Komandan Kodim 1619 Tabanan Letkol Inf. Rudi Hermawan, Kamis (23/1/2014).

Kegiatan dimulai sekira pukul 07.30 Wita, dipusatkan di Pantai Yeh Gangga Desa Sudimara kecamatan  Tabanan. Pantai itu dikenal sebagai tempat pelelangan ikan maupun obyek wisata di Kabupaten Tabanan.

Dalam kegiatan yang dikemas karya bhakti dalam rangka Hut Korem 163 Wirasatya Ke- 53 pada tahun ini mengsung tema bersama rakyat TNI kuat. 

Ratusan personel TNI dibantu aparat kepolisian, warga dan pemerintahan membaur bersama melakukan pembersihan sampah- sampah dari kayu, plastik dan pecahan pecahan botol kaleng bekas minuman serta benda material Glondongan.

Semua material sampah itu dengan mudah ditemukan karena berserakan di sepanjang Pantai Yeh Gangga.

Setelah semua dikumpulkan, tumpukan sampah itu lanjut dibakar dan sebagian ditimbun.

“Karya bakti ini diikuti anggota Kodim 1619 Tabanan, anggota Minvetcad dam IX udy, instansi terkait Pemda Tabanan,” imbuh Rudi didampingi Danramil 1619-01 Tabanan Kapten Inf I md suaka dan Pasiter Kodim 1619 Tbn Kapten Inf I Nnyoman Gunawan. 

Sedangkan, isntansi lembaga yang terlibat seperti Dinas Pekerjaan Umum, DKLH Dinas Perikanan dan Kelautan, kesbanglinmas, BPPD dan warga yang jumlahnya mencapai 463 orang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Banjar yeh Gangga dan Pemda tabanan yang telah membantu pelaksanakan kegiatan karya bakti dalam rangka Hut Korem 163 Wsa ke 53,” tutur Rudi.

Diharapkan, lewat kegiatan semacam itu dapat bermanfaat bagi masyarakt dan lingkungan sekitar.

Aparat TNI yang dengan ujung tombaknya Bintara Pembina Desa (Babinsa) kata Rudi, terus berperan di garda terdepan membantu masyarakat dan aparat pemeritahan hingga kepolisian.

Kata Rudi, dalam kaitan ini, masalah sampah kiriman telah menjadi persoalan tahunan sehingga TNI terpanggil untuk bersama-sama menciptkan lingkungan yang bersih dan sehat dari sampah. (rma)

Artikel Lainnya

Terkini