Gede Pasek Desak Polisi Tangkap Pelaku Bentrok di Tulang Bawang

12 Maret 2016, 21:26 WIB

I Gede Pasek Suardika

Kabarnusa.com – Aparat kepolisian diminta segera menangkap pelaku bentrokan yang menyebabkan jatuhnya korban tewas dari warga asal Bali yang tinggal di Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung.

Desakan itu, disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Bali Gede Pasek Suardika, yang prihatin atas insiden berdarah di Dusun Terang Agung Tiyuh, Terang Gunung Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat kemarin.

Insiden berdarah pada Jumat 11 Maret 2016 sore, diduga dipicu sengketa lahan garapan di areal Hutan Tanaman Industri (HTI) di Register 44.

“Sangat disesalkan, saya berharap ini tidak berkembang lagi. Untuk itu, aparat harus segera menangkap gerombolan preman yang telah memeras memalak para Balitrans (warga transmigran Bali ) tersebut,” tegasnya kepada Kabarnusa.com Sabtu (12/3/2016).

Dia meminta, aparat sebagai representasi negara, harus mampu menunjukkan diri, bahwa mereka hadir dan mampu menuntaskan masalah ini.

Jangan sampai, aparat hanya meredam saja. Sebab, itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Apalagi, pelakunya sudah diketahui, membawa senjata tajam dan senjata api

Oleh karenanya, sudah saatnya, ada operasi khusus untuk menangkap bahkan menembak pelakunya bila melawan.

“Tembak di tempat itu penting, karena ini kadarnya sudah memprihatinkan karena membawa senjata api juga,” tegas mantan Ketua Komisi III DPR RI itu.

Pasek mengaku heran, kenapa warga sipil bisa bebas membawa senjata api. Kenapa tidak dilakukan razia secara serius? Apakah intelijen lemah mendeteksi hal ini?

“Kita juga berharap, warga Balitrans Meningkatkan kekompakan dan persatuan, karena yang bisa dan pasti menjaga keamanan bersama adalah yang utama masyarakat itu sendiri,” demikian Pasek. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini