Lewat ‘Bawean Membaca’ Peserta XL Future Leaders Donasikan Buku

27 Oktober 2015, 00:00 WIB

bawean02

Kabarnusa.com – Para peserta dari XL Future Leaders mendonasikan buku dan fasilitas taman Baca untuk Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu dan Minggu (24-25/10/2015).

“Kegiatan mereka rancang sendiri, termasuk juga menjalin hubungan dengan masyarakat penerima manfaat, mencari dan dukungan dari pihak lain,” Vice President XL East Region – Desy Sari Dewi dalamm siaran pers diterima Kabarnusa.com Senin (26/10/2015).

Diharapkan, proyek-proyek mareka bisa menerapkan lmu dan pengetahuan yang telah didapatkan dari program Future Leader.

Kegiatan yang diberi tajuk “Bawean Membaca” diinisiasi XL Future Leaders Surabaya Batch 3.

Mereka yang terlibat Jatrifa Jiwa Gandhi, Yudha Anugerah, Ilham Adi, Roikhanatun Nafi’ah, Rarahayu Candraditya, Yulia Nur Fajrina, dan Agmelia Nurul Afifah di bawah koordinasi Erlia Putri Imansari.

Guna mendukung kegiatan “Bawean Membaca”, XL Future Leaders Surabaya menggalang lebih dari 700 buku dari seluruh Indonesia untuk didonasikan ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Bekerja sama dengan Dhurung Elmo, sebuah komunitas yang memfasilitasi masyarakat Pulau Bawean dengan bahan bacaan.

“Dhurung itu tempat seperti saung yang sering digunakan masyarakat untuk duduk-duduk, berinteraksi dengan sesama warga, dan bahkan menghapus sial katanya.” jelas Rahman, pengurus Dhurung Elmo.

Saat ini, fungsi ‘dhurung’ di Pulau Bawean ditambah dengan fungsi sebagai sarana untuk belajar dan mencari informasi secara mandiri, baik yang berhubungan langsung dengan pendidikan maupun hal-hal umum di luar pendidikan.

Mereka berlayar ke Pulau Bawean membawa buku-buku, rak, permainan interaktif, dan beberapa perlengkapan untuk mengisi taman baca di Pulau Bawean.

Melewati ombak setinggi 2.5 meter dan penyeberangan yang memakan waktu cukup lama, sekitar 4 sampai 5 jam tetapi tidak menyurutkan niat baik dan semangat mereka untuk berbagi, Sabtu (24/10).

“Selalu menjaga silaturahmi antara XL Future Leaders, Dhurung Elmo, dan juga masyarakat Pulau Bawean.

Jangan sampai ini menjadi pertama dan terakhir kalinya.”, kata Kepala Desa Gunung Teguh.
Program XL Future Leaders sudah memasuki tahun ke-4, dengan peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi terkemuka di seluruh Indonesia.

XL Future Leader menekankan pada pengembangan pendidikan soft skill mengenai kepemimpinan, berkomunikasi secara efektif dan jiwa kewirausahaan serta inovasi. (gek)

Artikel Lainnya

Terkini