Mantan Penerbang Tempur F-16 Kini Pimpin BASARNAS

9 Februari 2017, 07:07 WIB
IMG 20170209 WA0020
Mersekal Muda M Syaugi (foto:istimewa) 

JAKARTA – Mersekal Muda M Syaugi yang pernah menjadi penerbang tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 kini dipercaya memegang kendali di Badan SAR Nasional  (BASARNAS) menggantikan Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo.

Informasi didapat, M Syaugi sebelum dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, menjabat sebagai Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan (Dirjen Renhan) Kementerian Pertahanan RI. Posisi tersebut sebelumnya juga pernah dijabat oleh F.H Bambang Soelistyo selagi masih berpangkat marsekal muda.

Baik Soelistyo maupun Syauqi, keduanya sama-sama menjadi penerbang pesawat tempur elit di Angkatan Udara. Jika Soelistyo merupakan penerbang tempur Hawk Mk.53 Skadron Udara 15 di TNI AU, Syaugi terakhir adalah penerbang tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3.

Bahkan, yang istimewa, Syaugi merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) 1984. Diantara jabatan yang pernah diemban di TNI AU dan Kohanudnas adalah Komandan Skadron Udara 3, Pangkosek IV Biak, Komandan Lanud Iswahjudi, dan Pangkoopsau I.

Selain itu, Syauqi juga pernah menjadi Atase Pertahanan RI di Moskow, Rusia. Sebagai penerbang tempur M. Syaugi merupakan lulusan Fighter Weapon Course di Amerika Serikat dan tergabung dalam Tim Aerobatik Elang Biru TNI AU.

Pria kelahiran Malang Jawa Timur, 10 Desember 1960 beristrikan Ny. Lidya M. Syaugi yang telah dikaruniai tiga putri dan telah memiliki satu cucu laki-laki. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini