Misi Perdamaian, 30 Negara Siap Latihan Bersama di Indonesia

15 Oktober 2015, 11:37 WIB

wakasal%2BLaksmadya%2BWidodo

Kabarnusa.com –  TNI Angkatan Laut dari 30 negara akan turut ambil bagian dalam latihan bersama dalam misi perdamaian dunia di Indonesia.

Terkait rencana itu, digelar persiapan  latihan bersama tentara Angkatan Laut se-dunia, yang nantinya hadir dalam Multilateral Naval Komodo 2016.

Diketahui, ajang multilareral naval exercise Komodo 2016, merupakan kali kedua yang akan digelar di Sumatra Barat tepatnya di Teluk Bayur.

Di Pelabuhan Teluk Bayur itulah akan berkumpul kapal perang dari berbagai belahan dunia.

Sebagai persiapanya, digelarlah mid planing conerece di Hotel Kartika Plaza Kuta, yang diikuti 30 perwakilan negara dari 32 negara yang diundang.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksmana Madya Widodo SE, mengungakpan, kegiatan tersebut, akan digelar pada 12-16 April 2016.

“Dalam latihan bersama misi perdamaian ini rutin, diadakan dua tahun sekali, di dalamnya ada ‘medical action project ‘dan ‘enginering peace keeping operation’.

 Widodo melanjutkan, termasuk dalamnya  ada ‘field review’, berkumpulnya kapal perang negara asing yang ikut berpartisipasi.

Latihan bersama itu ditargetkan, tentunya akan terbangun kepercayaan antar negara kawasan dan negara di dunia.

Bagaimana kesiapan negara-negara dalam ketanggapsegeraan menangani bencana alam.

“Kita juga membangun keamanan maritim, ada juga seminar keamanan maritim,” tegasnya lagi.

Apalagi, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan poros maritim sehingga langkah TNI AL disiapkan mendukung poros maritim itu.

Langkah yang dilakukan, dengan cara penyelenggaraan seminar keamanan maritim, yang melibatkan angkatan laut dunia. Para peserta berpartisipasi semuanya.

“Tidak ada komitmen lain, kita tenggelamkan untuk kapal asing yang mengambil ikan secara ilegal di indonesia,” sambungnya. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini