Organisasi Hindu Dunia Kembangkan Pendidikan Karakter

12 April 2014, 21:21 WIB
sebali
Ida Pedanda Gede Ketut Sebali Tianyar Arimbawa

KabarNusa.com, Denpasar – Organisasi Hindu Parisad (World Hindu Parisad) kembali menyuarakan pentingnya pengembangan dunia pendidikan dalam membentuk kerakter umat Hindu menghadapi tantangan global.
 

Rencananya lima negara bakal menghadiri pertemuan World Hindu Parisad (WHP) dan World Hindu Wisdom Meet (WHWM) II yang akan digelar di Bali pada 16-18 April 2014.

Presiden WHP Ida Pedanda Gede Ketut Sebali Tianyar Arimbawa mengungkapkan,  pertemuan khusus mendatangkan pakar-pakar Hindu membicarakan berbagai topik untuk menghasilkan pokok-pokok pikiran yang dijadikan dasar pegangan umat Hindu.

“Khususnya pengembangan dunia pendidikan yang diselenggarakan lembaga pendidikan Hindu,” katanya di Denpasar Sabtu (12/4/2014).

Lima delegasi djjadwalkan hadir yang akan menyampaikan pandangannya yakni India, Malaysia, Singapura, Rusia, Inggris dan Indonesia selaku tuan rumah.

Menurutnya, dalam konsep Hindu pendidikan karakter umat sangatlah penting disamping  agama atau yang didapat di pendidikan formal.

Masalahnya, mereka melihat selama ini sistem pendidikan sudah diatur sedemikian rupa dalam kurikulum nasional.

Hanya saja, pendidikan  formal dipandang tidak cukup untuk membekali pendidikan karakter generasi muda.

Untuk itu, menjadi tugas para acharya atau pemuka Hindu lainnya, memberikan pendidikan karakter yang selama ini, kurang didapatkan di sekolah.

Selain itu, peran lembaga formal seperti pesraman semakin dikenalkan ke masyarakat luar karena telah diakui pemerintah sebagai lembaga yang turut berperan dalam mempersiapkan karakter siswa atau generasi muda dengan bekal agama. (kto)

Artikel Lainnya

Terkini