Perluas Jaringan, XL Siap Promosikan Pariwisata Sumbawa

13 April 2015, 09:26 WIB
Gambar Pantai Maluk Sumbawa Barat
(istimewa)

Kabarnusa.com – PT PT. XL Axiata Tbk (XL) memastikan untuk mendukung pariwisata Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat dengan memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan telekomunkasi di wilayah itu.

kualitas jaringan di Wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya akan semakin baik dan akan terus diperluas jaringannya.

VP East Region XL, Desy Sari Dewi menegaskan komitmennya, untuk modernisasi jaringan  di Sumbawa menjadi prioritas. Pertimbangan agar mampu memberikan kontribusi bagi aktivitas ekonomi masyarakat setempat.

“Termasuk pemerintah daerah setempat yang berusaha membangkitkan dunia pariwisata,” tandas Desi dalam siaran pers diterima Kabarnusa, Senin (13/4/2015).

Gunung Tambora yang saat ini resmi menjadi Taman Nasional menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan di Sumbawa, yang memang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

“Kami berkomitmen untuk mendukung hal ini,” sambung Desi.

Kata Desi, dengan jaringan yang sudah siap, XL pun bertekad akan menjadi  sarana untuk mempromosikan pariwisata Sumbawa dan NTB.

Jaringan XL di Sumbawa antara lain didukung dengan lebih dari 400 BTS (Base Transceiver Station) 2G dan 3G.

Dengan demikian layanan data yang memiliki manfaat besar mendukung promosi pariwisata sudah tersedia di Sumbawa dan sekitarnya. Karena potensi Alam kabupaten Dompu sangat luar biasa yang memiliki kawasan strategis  SAMOTA ( Teluk Saleh – Moyo – Tambora).

Seperti yang telah dilakukan pada akhir Februari 2015 lalu, XL telah mengikat kerjasama dengan kalangan dunia pariwisata NTB untuk mempromosikan pariwisata dengan antara lain menyediakan layanan digital untuk promosi.

Dengan layanan ini, kedua pihak berharap bisa bersama-sama mengangkat potensi ekonomi daerah, terutama yang bisa dibangun melalui industri pariwisata. Salah satu hal yang akan mendapatkan dukungann dari XL adalah ikut mempromosikan potensi wisata Tambora.

Secara umum, NTB adalah salah satu daerah dengan lebih dari 90 persen pengguna layanan seluler merupakan pelanggan XL.

NTB juga merupakan daerah dengan infrastruktur jaringan terbaik, di mana  jaringan backbone XL melintasi daerah ini, dan tersambung dengan jaringan utama ke seluruh pulau-pulau utama lainnya. Terdapat sedikitnya lebih dari 1600 BTS XL di seluruh NTB, sebanyak 600 di antaranya adalah BTS 3G.     

Acara yang digelar setiap tahun di Dompu salah satu daerah yang terletak di Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah peringatan meletusnya gunung terbesar dan terdahsyat di dunia  ke 200 tahun. Tanggal 11 April 2015 merupakan puncak acara Tambora Menyapa Dunia (TMD). (gek)

Artikel Lainnya

Terkini