Siswa SD di Bali Nikmati Bacaan Buku Cerita Gratis

12 Desember 2015, 07:21 WIB

Kabarnusa.com – Para siswa Sekolah Dasar di Denpasar Bali dapat menikmati buku bacaan cerita secara gratis sebagai upaya untuk mendorong minat baca di kalangan anak usia dini.

Buku-buku cerita itu dibagikan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) yang saat ini tengah me-lounching enam produk buku bacaan anak-anak.

Keenam buku tersebut yakni Lautkah Ini?, Waktunya Cepuk Terbang, Jana Tak Mau Tidur, Karang Gigi untuk Makiki, Poni Jangan Lari dan Raka Bangg.

Ketua YLAI, Ni Ketut Ayu Puspita Dewi mengaku, yayasannya telah menerbitkan sebanyak 80 judul buku cerita anak-anak.

“Khusus untuk hari ini ada enam yang kita launching,” kata Dewi saat ditemui di Taman Baca Kesiman, Denpasar, Jumat 11 Desember 2015.

Adapun buku yang diterbitkannya dikhususkan untuk anak dengan usia enam sampai sembilan tahun.

Pihaknya bekerjasama dengan sekolah di delapan provinsi. Buku ini akan distribusikan kepada sekolah di delapan provinsi yang telah bekerjasama dengan yayasannya.

Yayasannya memfokuskan diri pada pengembangan program membaca, men-training guru, memberi buku kepada sekolah dan pengembangan perpuskaan.

“Kita mencetak sesuai kebutuhan di sekolah,” tukasnya.

Dia mengaku minat baca anak-anak di Indonesia cukup tinggi. Hal itu sejatinya sudah terbangun secara alamiah, di mana rasa ingin tahu anak-anak memang cukup tinggi.

“Minat baca anak-anak kita sangat tinggi, tergantung dorongan dari gurunya, terutama dengan buku yang menstimulasi mereka,” jelas dia.

Terpenting kata dia, bagaimana pendekatan dan stimulasi terhadap anak agar menjadi pembaca andal. “Interest-nya tinggi, tinggal tergantung gurunya. Mereka pasti punya rasa ingin tahu. Sepanjang menarik minat mereka.

“Jika itu dilakukan, pasti anak-anak tertarik,” imbuhnya. (kto)

Artikel Lainnya

Terkini