Waduh..Kantin Sekolah di Jembrana Jajakan Makanan Berbahaya

7 April 2015, 18:42 WIB

sidak%2Bkantin%2Bsekolah%2B1

Kabarnusa.com – Beberapa kantin sekolah di Kabupaten Jembrana, Bali diketahui banyak menjajakanmakanan kemasan yang disinyalir mengandung bahan berbahaya sehingga petugas melakukan sidak.

Dinas Perdagangan Pemkab Jembrana, Bali, Selasa (7/4/2015) langsung melakukan sidak makanan dan minuman kemasan dengan menyasar sejumlah kantin sekolah.

Sidak dilakukan guna mengantisipasi peredaran makanan dan minuman kemasan yang mengandung bahan membahayakan yang jika dikonsumsi dapat menimbulkan keracunan atau penyalit.

Hasilnya, petugas mendapati masih ada kantin sekolah yang menjual makanan kadaluarsa. Padahal makanan kadaluarsa tersebut sangat membahayakan jika dikonsumsi.

Selain itu, petugas juga mengamankan beberapa jenis makanan yang dicurigai mengandung bahan-bahan berbahaya.

“Pengecekan makanan di kantin-kantin sekolah ini kita lakukan untuk menghindari agar anak-anak tidak sampai sakit atau keracunan setelah membeli makanan tersebut,” terang Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Pemkab Jembrana I Putu Pramita,

Dari sidak tersebut kebanyakan kantin sekolah tidak mengindahkan kebersihan dalam menyajikan makanan.

Terkait temuan tersebut, Dinas perdagangan memberikan surat teguran kepada pedagang dan pengelola kantin sekolah.

Sedangkan beberapa jenis makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya, diamankan petugas guna dibawa ke Balai POM Denpasar untuk diteliti kandungan bahan berbahaya dalam makanan tersebut.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini