Warga Desa Ole Sambut Peserta Napak Tilas Margarana

20 November 2015, 10:50 WIB

ole

Kabarnusa.com– Warga Desa Pekraman Ole, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga – Tabanan, Bali mengelar sebuah acara penyambutan terhadap para peserta napak tilas, dalam rangka perayaan Hari Puputan Margarana pada Kamis (19/11/2015).

Memasuki hari terakhir, para peserta napak tilas tiba di Desa Pekraman Ole sekitar pukul 18.00 wita kemudian disambut penampilan Baleganjur oleh Sekeha Teruna Citta Dharma Banjar Ole.

Penyambutan itu melibatkan seluruh masyarakat Ole mulai dari anak-anak hingga orang tua,” kata Bendesa Desa Pakraman Ole I Wayan Sunitia Mertha.

Dalam penyambutan itu, diawali dengan melakukan kerja bhakti di wilayah desa dan pura Dalem Basa. Kegiatan baru penuh kegembiraan adalah mebat yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Masyatakat bersama para peserta napak tilas berbaur makan bersama  penuh rasa kekeluargaan. Mereka tampak akrab menikmati berbagai olahan daging babi.

Kemudian ketog semprong warga bersama peserta napak tilas melakasanakan sembahyang bersama di Pura Dalem Basa, pura yang pernah digunakan pasukan Ciung Wenara yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai melakukan persebahyangan sebelum mengambil senjata di tangsi Tabanan. Persembahyangan juga diikuti keluarga para pahlawan, utusan dari kecamatan dan UPTD Kecamatan Marga.

“Dalam perayaan ini kami ingin mengangkat spirit perjuangan I Gusti Ngurah Rai dalam melawan penjajah. Mudah mudahan jiwa patriot tumbuh dalam jiwa anak muda sekarang ini.” ungkap jero bendesa adat Ole. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini