Lewat Fesmed AJI, Masyarakat Lebih Cerdas Memilih Media

13 November 2015, 06:30 WIB

Logo Fesmed e1447333824472

Kabarnusa.com – Derasnya informasi dan media yang berkembang dewasa ini membawa konsekuensi bagi masyarakat dengan banyaknya informasi dan sumber-sumbernya sehingga harus lebih cerdas dalam memilih mana yang berdasarkan fakta dan mana yang bukan.

“Kita berharap lewat festival media (Fesmed) tahun ini dengan tema “Cerdas Memilih Media”, masyarakat semakin melek dan bisa memilih mana yang berdasarkan fakta dan yang bukan,” kata Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI)  Suwarjono dalam siaran pers diterima Kabarnusa.com, Jumat (13/11/2015).

Menurut Suwarjono, saat ini, begitu banyak informasi datang kepada publik melalui berbagai platform dan beraneka perangkat.

Isi informasi yang tersedia saat ini sangat beragam, dengan kredibilitas sumber juga berbeda-beda.

“Melaui festival media ini, AJI berharap masyarakat semakin cerdas memilih sumber informasi, bisa memilih mana yang berdasarkan fakta dan yang bukan,” tegas Pemimpin Redaksi Suara.com itu.

Karenanya, AJI kembali menggelar agenda tahunan berupa festival media sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun AJI ke-21 tahun ini.

Pada festival media tahun 2015 ini, tema diusung  “Cerdas Memilih Media”. Rangkaian kegiatan festival media ini berupa pameran, talkshow, workshop, serta aneka perlombaan.

Dia melanjutjan, penyelenggaraan Festival Media ini, AJI bekerjasama dengan Universitas Atmajaya Jakarta.

Acaraini digelar 14-15 November 2015 dan dipusatkan di Kampus Unika Atmajaya yang berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 51, Jakarta.

Sebelumnya, Festival Media digelar di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Peserta festival media ini berasal dari kalangan media, mahasiswa, masyarakat umum dan anggota AJI dari berbagai kota di Indonesia.

Tema talkshow dan workshopnya antara lain: Cerdas Memilih Media, “Menjadi Presenter” bersama Najwa Shihab dan Aiman, Monetize Your Video, Kelas Menulis Blog, Berkembang Bersama E-Commerce.

Ada juga, Drone Journalism, Menulis Kreatif bersama Okky Madasari, Kelas Menulis Opini, Kelas Dokumenter Kreatif, Fotografi Menggunakan Gadget, Penggunaan Open Data dalam Peliputan Investigasi, dan Monetizing Online Media.

Tema diskusinya antara lain: Masa Depan Media dan Nasib Jurnalis, Keamanan di Era Digital dan Ancaman terhadap Privasi dan Tantangan Kode Etik di Era Digital.

Adapun perlombaannya masing-masing: Lomba Jurnalis Cilik, Lomba Photo on Location, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Menulis Kreatif “Mana Indonesiamu”, Lomba Penulisan Online Pers Mahasiswa, Apresiasi Jurnalis Jakarta, dan Stan Terbaik untuk AJI Kota.

Acara terbuka untuk umum dan gratis. Sebagian besar acara dilaksanakan secara paralel dalam ruangan terpisah.

Publik yang ingin berpartisipasi dalam festival media ini bisa mendaftarkan diri melalui email fesmedjakarta2015@gmail.com atau langsung mendaftar melalui website http://festival-media.aji.or.id/ .  (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini